Mengenal Penyakit ISPA Infeksi Saluran Pernapasan Atas

By | November 23, 2016

Mengenal dan Mengetahui Penyakit ISPA Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Leetneet.Com – ISPA atau disebut juga dengan Upper Respiratory tract Infection (URI), merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia bagian atas, seperti Hidung, Laring dan tenggorokan. Penyakis ISPA muncul disebabkan karena sistem kekebalan tubuh menurun, karena itulah ISPA sering dijumpai pada masa peralihan atau perubahan kondisi cuaca dengan penyebab munculnya sama seperti penyakit Influenza. Perubahan suhu yang ekstrim pada masa pancaroba membuat daya tahan tubuh menurun.

Namun terkadang terdapat virus atau bakteri yang dapat menyebabkan ISPA. SEtidaknya lebih dari 200 virus dapat menyebabkan ISPA, dan virus yang paling sering menyerang adalah rinovirus, coronavirus, parainfluenza virus, adenovirus, dan enterovirus. Sedangkan bakteri yang menyebabkan ISPA berasal dari jenis Stafilokokus, Streptokokus, dan Pneumokokus.

ISPA dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkat ringan, sedang dan tingkatan berat.

Gejala ISPA ringan berupa batuk, suara serak, hidung berlendir (mengeluarkan ingus), dan demam (atau suhu badan terasa meningkat tidak seperti biasanya).

Gelaja ISPA sedang biasanya berupa demam tinggi hingga 39 derajat Celcius, tenggorokan merah, terdapat bercak merah pada kulit seperti campak, telinga sakit dan mengeluarkan darah, napas berbunyi mendecit.

Gejala ISPA berat berupa warna bibir membiru dan kulit mulai membiru, kesadaran menurun, gelisah dan nafas berbunyi keras.

Bentuk-bentuk ISPA antara

  1. rhinitis (radang pada lubang mukos hidung),
  2. rinosinusitis/sinusitis,
  3. nasofaringitis
  4. faringitis (radang pada faring),
  5. epiglotitis (radang pada laring atas),
  6. laringitis,
  7. laringotraceitis (radang pada laring dan trakea),
  8. trakeaitis (radang pada trakea).

Pengobatan ISPA biasanya sering menggunakan antibiotik. Pemberian antibiotik ini untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah.  Namun biasanya ISPA akan hilang dengan sendirinya seiring dengan membaiknya sistem kekebalan tubuh penderita.

Pada kasus ISPA yang dimana ingus dan dahak sudah berwarna hijau, pemberian antibiotik sangat disarnkan karena dengan demikianm berarti penderita sudah terinfeksi oleh bakteri.

Secara umum, http://bit.ly/1YwXD46 penderita ISPA akan normal kembali setelah diberikan obat Antibiotik. Namun untuk penedrita dengan kelainan atau komplikasi akan cenderung lebih lama untuk normal kembali. Jika sudah demikian, maka penderita segera memeriksakan diri ke dokter.

Bagi orang dewasa, penyakit ISPA merupakan penyakit biasa dan ringan, namun untuk balita apalagi pada bayi penyakit ini merupakan ancaman yang serius dan dapat menyebabkan kematian.

ISPA dapat menyerang anak-anak karena anak-anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna. Sekitar 40%-60% anak yang dirawat di Puskesmas memiliki keluhan ISPA dan Serangan pada bayi kurang dari dua bulan dapat menyebabkan kematian hal tersebut terjadi karena pada bayi sistem pernapasannya belum sempurna. Sehingga mengakibatkan laring harus bekerja keras agar bayi tidak tersedak.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Mengenal Penyakit ISPA Infeksi Saluran Pernapasan Atas .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :