Keuntungan Dan Kerugian Penerapan Sistem Ujian Nasional Online

By | November 29, 2016

ujian nasional online

Keuntungan Dan Kerugian Penerapan Sistem Ujian Nasional Online

Leetneet.com – Ujian nasional berbasis komputer yang telah diwacanakan oleh kementrian pendidikan memang sudah beredar sejak tahun 2014 silam. Hanya saja metode ini hanya berhasil diselenggarakan pada beberapa sekolah di Indonesia dan tidak pada semua sekolah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah kendala infrastruktur dan pelatihan tentang penerapan sistem ujian nasional yang dilakukan secara online.

Sebenarnya mengenai sistem ujian nasional secara online ada keuntungan dan kerugian dalam penerapannya. Mungkin Anda mau tahu apa saja keuntungan dan kerugian penerapan sistem ujian nasional secara online? Yuk kita sama – sama membahas dan menelaah lewat informasi di bawah ini!

Keuntungan Dan Kerugian Sistem Ujian Nasional Online

Sistem ujian nasional online menghemat anggaran negara

Memang tidak akan dirasakan keuntungan dari ujian nasional online bagi siswa akan tetapi keuntungannya dirasakan oleh pihak lain, salah satunya adalah pemerintah. Karena ujian ini dapat menghemat pengeluaran negara berkat diberlakukan secara online. Negara menyimpan jumlah biaya pencetakan 35 juta eksemplar dengan naskah soal sebanyak 560 miliar rupiah kemudian biaya distribusi soal mencapai 80 juta rupiah per wilayah. Dengan adanya sistem online tentu saja anggaran tersebut dapat diminimalisir.

Kemungkinan listrik padam adalah kerugian

Ketika sistem ujian nasional berlangsung, ada salah satu kerugian yang akan dirasakan siswa adalah ketika listrik kemudian padam. Tentu ini akan menghambat proses pengerjaan siswa yang bersangkutan. Banyak siswa yang merasa takut jikalau listrik padam. Tapi tenang saja karena sebenarnya sistem ujian nasional berbasis online telah diatur untuk secara otomatis menyimpan hasil pekerjaan sementara sehingga jawaban tidak akan hilang jika terjadi listrik padam dan kebetulan Anda belum selesai.

Untuk mewanti – wanti agar kejadian listrik padam tidak terjadi pada proses pelaksanaan ujian nasional berbasis online, maka Kemdikbud memberikan surat perintah agar masing – masing sekolah yang memang menyelenggarakan sistem ujian simple present tense nasional berbasis online memberikan suplai daya atau menggunakan diesel agar jika terjadi padamnya listrik kegiatan ujian masih dapat berlangsung dengan tanpa adanya hambatan.

Ujian nasional online meminimalisir kecurangan

Mungkin Anda pernah menemui kasus bocornya soal ujian nasional berbagai wilayah mulai dari yang dibocorkan via sms, atau yang lainnya. Ini yang menjadi bahan pertimbangan selanjutnya untuk kemudian mengubah sistem ujian nasional dengan menggunakan teknologi IT. Karena menurut pandangan pemerintah dengan adanya sistem ujian nasional berbasis IT nantinya tidak akan ada kecurangan dari siswa. Dan kasus bocornya soal juga tidak akan terjadi.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Keuntungan Dan Kerugian Sistem Ujian Nasional Online. Semoga informasi yang kami berikan menjadi informasi yang bermanfaat.

 Baca artikel tentang pendidikan lainnya :