Cara Mendidik Anak Aktif Secara Sosial

By | November 29, 2016

Cara Mendidik Anak Aktif Secara Sosial

leetneet.com – Bund, sebentar lagi sih kecil akan memasuki pre school nih dan merasakan pengalaman bersekolah untuk yang pertama kalinya. Dia pastinya akan mulai untuk bersosialisasi dengan teman seumurannya, tak hanya dengan anggota keluarganya. Sebab itulah, di sini Anda perlu tahu cara mendidik supaya dia bisa aktif secara social.

Cara Mendidik Anak Aktif Secara Sosial

Seorang anak balita tentu tidak bisa bersosialisasi seperti halnya diri Anda yang sudah dewasa. Di usianya yang masih terbilang dini tersebut, sebagian besar anak masih belum memiliki empati yang cukup untuknya bermain secara harmonis dalam sebuah grup. Bagi banyak balita, satu yang yang terpenting bagi dirinya adalah dirinya seorang. Ditambahkan lagi, balita masih belum paham atau mengerti dengan jelasnya tentang hal yang salah atau benar, belum dapat bersopan satun dan pada dasarnya masih belum bisa kendalikan dirinya dengan baik.

Akan tetapi, untuk beberapa tahun ke depannya, dia pun sudah mulai bisa belajar untuk berbagi dan juga bekerja sama, belajar peka akan perasaan orang lain, singkatnya mereka akan mampu untuk berteman, dan Anda bisa membantunya untuk mencapai titik tersebut dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Cara mendidik anak aktif secara social

  • Mengajarkan pada anak rasa percaya diri. Yang mana anak-anak harus suka dirinya sendiri sebelum akhirnya mereka bisa membuka diri pada orang lain.
  • Berteman dengan anak Anda. Kesempatan pertama anak Anda untuk bermain adalah bersama orangrtuanya. Di setiap saat Anda bersama anak, ingatlah untuk bisa mencontohkan perilaku social yang baik dan benar. Ajarkan saja pada anak Anda untuk bisa berbagi, ajarkan juga dia untuk berkata “boleh atau tidak” jika dia hendak lakukan atau pun ambil sesuatu, maka ajarkan juga dia untuk berterima kasih. Mengobrol atau berbicara dengan anak dan siapkan dia untuk beradaptasi dengan situasi social yang nantinya akan dia hadapi dikemudian hari.
  • Bermain dengan anak yang lain. Lebih mudah lagi bagi banyak anak usia dini untuk bersosialiasai dengan hanya satu orang anak yang lain. Anda dapat mengatur supaya anak Anda dapat bermain dengan teman Anda, atau pun sepupunya, khususnya jika anak Anda memiliki kesulitan untuk bergaul dengan grup atau kelompok yang besar. Akan tetapi, jangan pernah memaksanya untuk bergaul jika memang dia masih belum siap. Selain tak adil baginya, hal yang demikian ini juga bisa sebabkan dia untuk berontak.
  • http://www.kuliahbahasainggris.com/333-kata-bijak-cinta-bahasa-inggris-dan-artinya/ Ajarkan kepada anak Anda permainan secara grup atau berkelompok. Ada beberapa aktifitas yang bisa mendukung kebersamaan bila dibandingkan individualistis, seperti halnya permainan petak umpet, permainan bola, membangun sebuah balok, dan lain-lain yang nantinya mengharuskan anak-anak untuk bergiliran serta memberi pengalaman yang mereka perlukan untuk memupuk sebuah persahabatan.

Demikian informasi tentang cara mendidik anak aktif secara social yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :