Cara Ajarkan Rasa Empati pada Sih Kecil

By | December 1, 2016

Cara Ajarkan Rasa Empati pada Sih Kecil

leetneet.com – Kapan sih bund waktu yang paling tepat untuk ajarkan rasa empati pada sih kecil? Mengajarkan rasa empati ini pada sih kecil ada baiknya dilakukan sedari dini. Memang pada kenyataannya seorang anak baru akan tahu konsep rasa empati di sekitar usia 8 hingga 9 tahun. Akan tetapi, hal tersebut tak jadi masalah sebab pada saat usia 5 tahun, seorang anak sudah mulai bisa pahami konsep “jika dirinya ingin diperlakukan yang baik, maka dirinya sendiri juga harus memperlakukan orang lain dengan baik pula”. Dan berikut ini ada beberapa cara mudah untuk ajarkan sih kecil rasa empati yang bisa Anda contoh terapkan pada buah hati tercinta.

Cara Ajarkan Rasa Empati pada Sih Kecil

Cara ajarkan rasa empati pada sih kecil

Membiasakan untuk ungkapkan perasaan

Anak usia 5 tahun biasanya sudah bisa mengerti dan juga mengontrol emosinya dengan baik, kapan dia marah, gembira, sedih, terkejut, malu, dan lain sebagainya. Mereka hanya saja terkadang masih belum mengerti penamaan kondisi emosi yang dirasakan tersebut. Oleh sebab itulah biasakan saja untuk mengungkapkannya dengan kata-kata seperti ini “saat adik merebut mainan teman, maka teman adik akan merasa sedih atau mungkin juga marah”. Lakukan hal yang satu ini dengan cara menunjukkan ekspresin sedih dan juga marah dengan gambaran yang sesuai.

Meningkatkan kebiasaan berempati

Pada saat sih kecil berbuat sesuatu yang baik, maka jangan pernah ragu untuk mengungkapkan dan jika apa yang dia lakukan tepat, ungkapkanlah hal tersebut lebih spesifik, seperti ini “adik sangat baik sekali ya mau membagikan bekal adik dengan teman, bunda tadi melihatnya tersenyum, dan bunda tahu teman adik tadi merasa senang sebab adik mau berbagi dengannya”.

Perilaku orang lain bisa pengaruhi kondisi emosi anak

Ajari anak Anda untuk lebih peka jika orang lain yang berbuat baik padanya, contohnya saja seperti ini “apa adik ingat, saat adik masuk sekolah pertama kalinya, bu guru menyanyikan adik lagu untuk membuat adik nyaman di sekolah”. Dengan lakukan hal yang satu ini, maka anak Anda nantinya akan belajar pahami perilaku orang lain yang bisa berdampak pada kondisi emosi anak Anda.

Ajari bahasa non verbal

http://www.gurupendidikan.com/sejarah-agama-islam-di-dunia-telengkap-menurut-para-ahli/ Pada saat sedang melihat orang lain dengan cara nyata sedang ungkapkan emosi tertentu, ajari anak Anda misalnya saja dengan mengucapkan seperti ini “apa adik melihat wanita yang lagi menangis itu? Sepertinya dia sedang sedih banget”, atau contoh lainnya “apa adik melihat laki-laki itu dengan wajar yang cemberut, sepertinya dia sedang marah”.

Demikianlah cara ajarkan rasa empati pada sih kecil yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga saja bermanfaat.

Baca Juga :