Banyak PR Tak Baik Bagi Anak, Ini Tips yang Bisa Bunda Lalukan!

By | November 20, 2016

Banyak PR Tak Baik Bagi Anak, Ini Tips yang Bisa Bunda Lalukan!

leetneet.com – Belajar merupakan salah satu kewajibab yang memang harus dilakukan oleh setiap anak. Mereka butuh pendidikan untuk dapat jalani kehidupan social atau individu supaya nantinya bisa mandiri. Pendidikan memang bisa dimulai sejak dini, akan tetapi bukan berarti pendidikan tersebut dapat menyedot semua waktu anak Anda ya.

Banyak PR Tak Baik Bagi Anak

Sebab anak Anda juga membutuhkan waktu istirahat dan juga bermain. Waktu belajar anak ada baiknya memang harus seimbang dengan waktu mereka bermain. Anak Anda pun akan belajar banyak pada saat mereka bermain dan juga bersosialisasi dengan teman-teman seumurannya. Lantas, bagaimana bila tuntutan belajar datangnya dari sekolah?

Umumnya pada saat palajaran selesai, anak pulang membawa PR (pekerjaan rumah) agar memang selalu ingat apa yang telah dipelajari di sekolah. Hal yang satu ini memang sangat baik sekali bagi anak, akan tetapi bila porsinya berlebih, maka Anda juga harus wasapada ya bund. Anda di sini harus tahu seberapa banyaknya PR yang berlebihan, dan apa efeknya bagi anak serta apa yang bisa orangtua lakukan terhadap hal tersebut.

Tips yang bisa bunda lakukan saat PR anak terlalu banyak

Tanda anak mendapatkan PR yang terlalu banyak

Apabila anak mulai tunjukkan ketidaksukannya pada sekolah secara berlebih, khususnya saat mereka mendapatkan tugas untuk bisa dikerjakan di rumah. Ada baiknya anak mendapatkan PR tak lebih dari 10 soal per pelajaran. Anak nantinya akan lebih paham konsep untuk menyelesaikan masalah maksimal pada 5 soal di dalam sebuah PR.

Dampak negative jika terlalu banyak PR pada anak

Anak akan jadi sering rewel, anak jadi berpikiran bahwasannya belajar adalah sebuah pengalaman yang paling buruk, bukannya aktifitas yang menyenangkan. Terlalu banyaknya PR juga dapat menjadikan anak stress dan menyita waktunya untuk bersosialisasi dengan orang sekitar, termasuk keluarga, sebab harus fokus dengan PRnya.

Yang bisa dilakukan orangtua

gurupendidikan.com Orangtua perlu sekali membicarakan pada pihak sekolah, khususnya guru pengajarnya, menjelaskan bagaimana ada baiknya untuk tidak memberikan PR yang terlalu banyak, sebab sering sekali guru tak sadar bahwasannya mereka telah memberikan yang terlalu banyak PR. Menjelaskan bahwasannya sangat baik jika memberikan PR akan tetapi porsinya juga harus diperhatikan betul-betul.

Nah, itulah tadi yang perlu bunda lakukan saat anak banyak PR yang berlebihan alias tak sesuai porsinya. Akan tetapi jangan hanya percaya sekolahnya saja atau pun anak Anda, sebab terkadang anak malah memanipulasi keadaan sekolah, sehingga sekolah tampak buruk di mata orangtuanya. Bunda di sini harus lebih jeli dan cermat lagi, apa PR anak memang benar berlebihan atau pun hanya anak saja yang bersikap malas untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya tersebut.

Baca Juga :